Obat Wasir dan Ambeien Tanpa Operasi

Selasa, 13 Maret 2018

Ciri Ciri Eksim Kering

Ciri Ciri Eksim Kering - Kulit gatal tiba-tiba bisa menyebalkan hingga menyiksa. Kadang, gatal bisa berlangsung lama dan menjalar ke wilayah tubuh lainnya. Dikala Anda menggaruk kulit, rasa gatalnya akan semakin parah. Dan kian gatal kulit Anda, kian keras pula Anda menggaruknya.

Lazimnya hanya dengan meneliti kulit lebih seksama akan bisa memberi tahu Anda perihal apa akar masalahnya entah itu bentol gigitan nyamuk atau ruam merah khas tanggapan alergi. Sedangkan demikian, memeriksa kulit dengan mata telanjang tidak senantiasa bisa membantu memastikan penyebab kulit gatal Anda. Gatal juga bisa terjadi tanpa benjolan, lepuh, ruam, bintil, atau kelainan kulit lain. baca juga: cara menyembuhkan sakit kulit

Apa penyebab kulit gatal tiba-tiba?
Gatal adalah respons tubuh normal untuk melindungi kita dari zat-zat eksternal membahayakan atau parasit seperti gigitan serangga. Gatal-gatal atau pruritus bisa terpusat di satu daerah atau meradang di seluruh kulit.

Padahal gatal tiba-tiba tanpa penyebab terang lebih awam terjadi pada orang tua, ada sejumlah kondisi medis dan kulit yang mungkin mendasari persoalan Anda. Seumpama:

1. Kulit kering
Bila Anda tak melihat adanya ruam kemerahan atau perubahan dramatis lain pada area yang gatal, kulit kering (xerosis) mungkin penyebabnya. Kondisi kulit kering bukan sesuatu yang serius, namun dapat membuat Anda merasa tak nyaman. Dikala kulit menjadi kering, sel akan mengerut, sehingga muncul keriput dan garis-garis halus. Kulit mungkin terasa tegang tertarik atau nampak menyusut. Anda mungkin juga akan mengamati pada kulit Anda muncul sisik, serpihan, atau kulit yang mengelupas pada kulit gatal ringan sampai sedang. baca juga: cara penyembuhan penyakit kulit

Kulit kering lazimnya merupakan hasil dari usia tua atau faktor lingkungan, seperti berada di daerah dingin lama, mandi/berendam air hangat terlalu lama, sabun berbahan keras, bahan pakaian gatal, iritasi imbas produk-produk tertentu (umpamanya logam atau parfum tertentu), sampai salah pakai produk pelembab kulit.

2. Respons obat
Antibiotik, obat anti jamur, atau penghilang nyeri narkotik dapat menyebabkan gatal tiba-tiba yang meluas di semua zona. Melainkan, beberapa besar respon obat akan memunculkan ruam bersamaan dengan gatal. baca juga: cara menyembuhkan kulit gatal

3. Kurap
Kurap ialah infeksi di daerah pangkal paha (selangkangan) yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Situasi kulit ini terutamanya ditemukan pada remaja dan dewasa pria, tetapi perempuan seluruh usia mungkin dapat memilikinya juga.

Tinea cruris, nama medis dari kurap, terjadi di daerah yang hangat dan lembap, dan sering kali muncul berbarengan dengan kaki jamuran. Kurap umumnya akan ditemukan di dekat lipatan paha atas, dan dapat diidentifikasi dengan gatal tiba-tiba di daerah selangkangan dan kulit yang bersisik. Kurap umumnya diperparah oleh kelembapan dan gesekan konstan di zona pangkal paha yang datang dari keringat dan baju. Bedak jamur non-resep dapat menyembuhkan kasus kurap ringan hingga sedang, sementara kasus infeksi berat membutuhkan resep dokter.

4. Kudis
Kudis merupakan suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei) yang menggali lubang-lubang kecil di kulit kita. Kondisi kulit ini juga menyebabkan bintik-bintik merah yang menonjol di zona gigitan tungau.Rasa gatal tiba-tiba yang berkaitan dengan situasi ini sering timbul paling parah di malam hari. Kudis amat menular dan menyebar pengaruh kontak kulit dalam rentang waktu panjang dengan orang dengan orang yang terkena penyakit ini, seperti saat berbagi penggunaan handuk, seprai, atau pakaian.

5. Hamil
Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami kulit gatal tanpa gejala yang jelas, secara khusus pada komponen perut, paha, dada, tangan, serta lipatan kulit, seperti bagian dalam lutut atau siku. Kulit yang meregang atau perubahan hormon mungkin penyebab kulit gatal tiba-tiba jikalau Anda sedang hamil.

Pada beberapa wanita hamil, gejala situasi kulit tertentu, seperti eksim dapat muncul makin parah. Anda dapat mengalami dermatitis untuk pertama kalinya ketika hamil. Dokter Anda bisa merekomendasikan perawatan yang aman untuk meredakan gatal dan eksim.

6. Penyakit internal
Kulit gatal tiba-tiba dapat menjadi gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Ini termasuk berbagai kemungkinan, seperti diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, sindrom Sjögren, kelainan darah (contohnya, polisitemia rubra vera), dan kanker (termasuk leukemia dan limfoma).

Stres dan penyakit kejiwaan lainnya, seperti gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif juga dapat menyebabkan kulit gatal tiba-tiba tanpa gejala yang jelas.

Gatal lazimnya mempengaruhi semua tubuh. Dalam kondisi ini, mungkin akan tidak tampak perubahan pada penampilan kulit (selain cuma sebagian tanda goresan bekas garukan).

Bagaimana sistem mengobati gatal tiba-tiba?
Sebisa mungkin hindari untuk menggaruk gatal tersebut. Tekan-tekan kulit ketika terasa gatal. Untuk meringankan gatal-gatal, kompres area kulit yang gatal dengan handuk yang sudah dibasahi larutan saline, atau luluran dengan bubur oatmeal dingin. Obat-obatan nonresep seperti bedak calamine tak sepenuhnya rupanya ampuh, melainkan banyak bukti yang melaporkan pengaplikasian calamine dapat meredakan gatal dan aman dipakai untuk ibu hamil.

Menemukan akar dilema dari gatal dan penyakit yang mungkin mendasarinya yaitu langkah pertama dalam pengobatan gatal tiba-tiba, sehingga pengobatan akan disesuaikan dengan terapi penyakit hal yang demikian. Jikalau tanggapan obat diduga sebagai penyebab keluhan gatal di semua tubuh, beralih ke obat berbeda dapat mengurangi rasa gatal. Konsultasikan lebih-lebih dulu dengan dokter. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati gatal, termasuk antihistamin dan steroid topikal. Pil steroid dan antibiotik mungkin juga diperlukan melainkan benar-benar jarang. baca juga: Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal

Untuk melindungi kulit dari gatal tiba-tiba di kemudian hari, lakukan ini:
  • Oleskan pelembab kulit khusus kulit peka. Pelembab ini dapat meredakan gatal dampak kulit kering
  • Pakai tabir surya secara teratur untuk mencegah kulit terbakar matahari dan kerusakan kulit
  • Pakai sabun mandi dan deterjen cuci ringan yang tidak akan mengiritasi kulit Anda
  • Mandi air dingin atau hangat suam kuku jangan air panas
  • Pakai baju longgar dan kelengkapan tidur (seprai, selimut, sarung bantal dan guling) yang terbuat katun
  • Produk-produk tertentu seperti perhiasan, parfum, kosmetik, jam tangan besi, dan nikel dapat memicu respon alergi yang ditandai oleh iritasi kulit gatal. Cari tahu apakah produk-produk hal yang demikian menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Hindari pemakaian produk-produk yang mengiritasi.
  • Minum banyak cairan, seumpama air putih, jus buah, buah potong segar, atau sup. Hindari makan terlalu banyak nanas atau mangga karena dua buah ini dapat menyebabkan gatal lebih parah. Tingkatkan asupan sayuran berdaun hijau dan kurangi konsumsi gorengan, makanan berminyak, makanan pesat saji, telur, dan daging merah


Demikian ialah ulasan tentang Ciri Ciri Eksim Kering yg dapat saya sampaikan untuk Bapak/ Ibu sekalian. Semoga review tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan utk Anda semua.